Manfaat buah dan sayur bagi tubuh kita

pentingnya buah dan sayur, pentingnya buah dan sayur bagi tubuh, pentingnya buah dan sayur bagi kesehatan, manfaat buah dan sayur, manfaat buah dan sayur untuk kecantikan, manfaat buah dan sayur untuk anak, manfaat buah dan sayur bagi kesehatan tubuh, manfaat buah dan sayuran untuk kesehatan, manfaat buah dan sayur berdasarkan warna, manfaat buah dan sayur bagi anak

pentingnya makan buah dan sayur untuk anak, artikel pentingnya makan buah dan sayur, pentingnya makan sayur dan buah bagi anak, manfaat buah dan sayur bagi tubuh kita, fungsi buah dan sayur bagi tubuh manusia, manfaat buah dan sayur berdasarkan warnanya, manfaat buah dan sayur bagi bayi, manfaat buah dan sayur berwarna hijau, manfaat buah dan sayur bagi kecantikan



Selama ini kita sering mengesampingkan kurangnya konsumsi buah dan sayur,  mindset kita sehari – hari lebih penting adalah makanan pokok, jika sempat baru kita konsumsi buah dan sayur. Tetapi buah dan sayur tidak pernah menjadi prioritas utama. Kita hanya berfokus pada karbohidrat dan protein.


Coba anda ingat lagi berapa porsi buah dan sayur yang anda konsumsi setiap hari ? Beberapa penelitian menemukan fakta bahwa mayoritas masyarakat Indonesia sangat kurang dalam mengkonsumsi buah dan sayur. Bahkan angka tersebut mencapai 93%, bisa dibayangkan hanya 7% masayarakat yang menyadari penting nya konsumsi buah dan sayur. Padahal idealnya konsumsi buah dan sayur dalam satu hari minimal adalah 3 sampai 5 porsi.   

Mungkin hal diatas terjadi karena minimnya pengetahuan akan pentingnya fungsi buah dan sayuran, memang efek yang ditimbulkan tidak serta merta langsung mempengaruhi kondisi tubuh. Tetapi dampaknya lebih ke jangka panjang.

Berikut ini adalah beberapa dampak yang bisa terjadi jika seseorang kekurangan buah dan sayur :

  1. 1.   Masalah BAB.
    Masalah BAB ini sepertinya bukan suatu masalah yang besar, dan semua orang juga pasti pernah mengalaminya. Tapi jangan biarkan masalah ini sampai berlarut – larut, mungkin banyak orang tidak menganggapnya sebagai masalah serius karena dampak jangka pendeknya hanya rasa tidak nyaman di perut dan saluran cerna.
    Tetapi anda mungkin tidak sadar bahwa susah BAB berarti meimbun banyak racun didalam tubuh anda, anda bayangkan jika anda makan minimal 3x sehari dan anda BAB 4-5 hari sekali, berapa banyak kotoran dan racun yang mengendap ditubuh anda ?
    Dalam jangka panjang banyak penyakit yang akan berdatangan , mulai dari Kolestrol, Jantung, kanker, penyumbatan Usus Buntu, dll.
    Disini lah fungsi buah dan sayur yaitu sebagai serat alami yang dapat membantu melancarkan BAB anda.

    2.   Kekurangan Vitamin dan Mineral.
    Saat tubuh kekurangan buah dan sayuran, otomatis juga kekurangan vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah dan sayuran tersebut. Karena seperti kita ketahui banyak sekali kandungan vitamin dan mineral didalam buah dan sayuran yang sangat diperlukan oleh tubuh. Dan setiap jenis buah dan sayur terdapat perbedaaan kandungan vitamin dan mineral yang saling melengkapi, bisa di lihat dari variasi jenis dan warna.

    3.   Resiko terkena penyakit tidak menular
    Apa maksud dari penyakit tidak menular ? penyakit ini adalah penyakit degenerative diakibatkan oleh penurunan fungsi sel tubuh. Sedangkan penyakit menular biasanya diakibatkan oleh virus, penyakit degenerative seperti jantung, diabetes, hipertensi, stroke dan osteoporosis adalah penyakit pembunuh tertinggi di Indonesia. Penyakit tidak menular ini dapat dicegah dengan pola makan dan hidup sehat, dan disertai konsumsi buah dan sayur secara rutin.
    Menurut penelitian kekurangan buah dan sayur dapat meningkatkan resiko terkena penyakit degenerative karena buah dan sayur banyak mengandung antioksidan dan beberapa vitamin dan mineral yang melindungi tubuh dari radikal bebas serta menjaga fungsi sel dalam tubuh.

    4.   Berat Badan
    Jika anda jarang konsumsi buah dan sayur, maka pastinya anda menggantinya dengan karbohidrat dan protein tinggi, dan itu akan mengakibatkan timbunan lemak dalam tubuh anda.
    Karena karbohidrat, protein dan sejenisnya merupakan makanan berkalori tinggi. Penelitinan mengungkapkan bahwa orang yang kekurangan buah dan sayur cenderung memiliki masalah dengan berat badan. Sedangkan buah dan sayur memberikan energy serta rendah kalori sehingga anda akan merasa kenyang lebih lama.

    5.   Depresi
    Penelitian mengungkapkan bahwa kekurangan buah dan sayur dapat menyebabkan timbulnya depresi, kenapa hal tersebut dapat terjadi ? kemungkinan hal ini terjadi karena buah dan sayur memiliki kandungan asam pantotenik dan vitamin B6. 

    Diatas adalah beberapa dampak jangka panjang yang bisa terjadi jika seseorang kekurangan buah dan sayur, tentunya masih ada beberapa akibat yang dapat ditimbulkan jika kita kekurangan serat alami, badan akan terasa pegal, sebah di perut dan tidak fit jika bangun dipagi hari.

    Bagaimana dengan anda ? cukupkah konsumsi buah dan sayuran anda ? Mulailah mengkonsumsi buah dan sayur secara rutin, dan jangan kecilkan manfaat dari buah dan sayur tersebut.  

    Jika anda terlalu sibuk dan agak malas dalam menyiapkan buah dan sayuran sebagai pendamping makan, anda bisa mencoba beberapa suplemen herbal yang telah direkomendasikan oleh pakar kesehatan ternama, untuk info mengenai suplemen herbal yang pasti aman dan BPOM resmi dapat anda lihat disini.